header ads

Ketentuan Hewan Aqiqah



Ketentuan hewan aqiqah menurut alim ulama islam, disamakan dengan hewan qurban. Syarat sah meliputi jenis hewan aqiqah, umur kambing, syarat fisik kambing aqiqah. 

Sebagai salah satu wujud ibadah kita kepada Allah tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.  Adapun terkait dengan syarat kambing aqiqah serta beberapa ulasan terkait didalamnya bisa dilihat dalam artikel  ini.


Para ulama tak sama pendapat dalam menentukan persyaratan kambing aqiqah terutama dalam aspek usia kambing. Ada yang berpendapat harus 2 (dua) thn, ada pun yang berpendapat 1 (satu) thn untuk domba.
Kambingnya harus sehat, tidak boleh cacat yakni tidak buta, tidak hilang sebagian gede tanduk atau kupingnya, tidak ompong semua gigi depannya dll.
Tetapi ada pula sebagian ulama yang membolehkan dengan kambing apa saja mengingat tidak ada dalil khusus berkaitan persyaratan untuk kambing aqiqah, adapun persyaratan tadi diatas ialah kias dari persyaratan kambing qurban. Namun tetap yang paling afdol tentunya yang telah memenuhi syarat-syarat diatas.
Menurut para ulama diperbolehkan beraqiqah bersama kambing betina, dikarenakan dalam persayaratan kambing untuk Aqiqah tidak ditentukan satupun keterangan yang melarangnya, tetapi yang lebih afdol adalah dgn kambing jantan. 




SYIAR AQIQOH
Pusat Layanan Aqiqah Surabaya, Khitan, Nikah Sesuai Syariah
Jl. Raya Kebonsari No.8 Surabaya
Telp 1 : 0318285556 
Telp 2 : 0318285557

Call/SMS : 081231666604 
WA : https://bit.ly/adminsyiar604
Call/SMS : 081231666605 
WA : https://bit.ly/adminsyiar605


Previous Post Next Post

Recent in Sports

header ads
header ads
header ads