header ads

Sedekah Ramadhan

Islam dan Jawa dua kata ini menjadi sangat menarik untuk diperbincangkan. Islam sebagai agama rahmat semesta alam sudah beberapa abad lamanya masuk ke tanah Jawa. Semua itu tidak terlepas dari kearifan dan kekreatifan Walisongo dalam menyampaikan Islam melalui pendekatan sosial budaya.

Tradisi Bulan Ramadhan di Jawa salah satunya adalah Tradisi Megengan. Bisa dikatakan tradisi ini adalah penanda bagi setiap Muslim Jawa akan datangnya bulan puasa.

Melalui megengan diharapkan adanya persiapan khusus dalam menghadapi bulan yang disucikan dalam agama Islam tersebut. Oleh karena itu tradisi ini dinamakan dengan Megengan yang secara lughawi berarti menahan.



Sama dengan tradisi-tradisi lain di dalam Islam Jawa, maka tradisi ini juga tidak diketahui secara pasti siapa yang menciptakan dan mengawali pelaksanaannya. Tetapi tentu ada dugaan kuat bahwa tradisi ini diciptakan oleh walisanga khususnya Kanjeng Sunan Kalijaga. Memang hal ini baru sebatas dugaan, namun mengingat bahwa kreasi-kreasi tentang Islam Jawa terutama yang menyangkut tradisi-tradisi baru akulturatif yang bervariatif tersebut kebanyakan datang dari pemikiran Kanjeng Sunan Kalijaga, maka kiranya dugaan ini pun bisa dipertanggungjawabkan.

Megengan sebagai sebuah perayaan dan rasa antusias dalam menyambut bulan yang penuh barokah, bulan yang ditunggu-tunggu dan bulan yang didalamnya terdapat malam "lailatul qodar" yaitu satu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. 

Sementara itu perkataan targhib yang juga sering sekali bermunculan menjelang Ramadhan tiba berasal dari asal kata (masdar) raghghiba yang bermakna mencintai atau menyukai. Kalau ia dipasang kepada nama bulan Ramadhan menjadi Targhib Ramadhan, maka mengandung makna mencintai atau menyukai bulan Ramadhan. 



Kalau Tarhib Ramadhan itu melambangkan penyambutan bulan suci Ramadhan oleh setiap umat Islam, maka Targhib Ramadhan sendiri melambangkan pencintaan bulan suci Ramadhan oleh seluruh umat Islam karena Ramadhan merupakan satu-satunya bulan yang dilebihkan Allah dari bulan-bulan lain disebabkan banyak perkara yang berlaku dalam bulan tersebut seperti adanya malam Lailatul Qadar, bulan turunnya Alquran, bulan ampunan dosa dan sebagainya.

Tarhib Ramadhan dan targhib ramadhan selalu diucapkan ummat Islam sedunia setiap menjelang puasa bulan Ramadhan sebagai manifestasi penyambutan kedatangan bulan mulya yang dilebihkan Allah SWT dari bulan-bulan yang lain. Tarhib Ramadhan mengandung makna menyambut atau penyambutan bulan suci Ramadhan.

Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan Syiar Aqiqoh siap melayani pesanan. Bagi anda yang ingin berbagi di bulan ramadhan, Syiar Aqiqoh memiliki program Ramadhan Peduli. Berbagai olahan nasi kotak katering yang bisa anda sajikan untuk menu berbuka puasa. Ibadah menjadi lebih berarti dengan saling berbagi dengan saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan. Segera pesan sekarang dan dapatkan promo harga hanya Rp. 10.000/Box. Syarat dan ketentuan berlaku. 



Berikut daftar wilayah di provinsi Jawa Timur :
Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kediri, Malang, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Magetan, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Surabaya, Kota Batu.


Surabaya, Madura, Bangkalan, Sidoarjo, Mojokerto, Pandaan, Bangil, Pasuruan, Gresik, Lamongan, Babat, Jombang, Kediri, Nganjuk, dan kota lain di Jawa Timur

Post a Comment

0 Comments